Pages

Sunday, April 24, 2016

Mengapa Kuliah di Jurusan Sistem Informasi?

Sistem informasi adalah jurusan yang terdapat di dalam fakultas ilmu komputer. Mengapa sistem informasi? Karena sistem informasi merupakan jurusan yang bukan hanya mempelajari listing program, disini lebih menekankan kepada analisis masalah lalu memberikan sebuah solusi terhadap masalah itu. Awalnya saya memang tidak mengetahui apa itu jurusan sistem informasi, seperti apakah sistem informasi, tapi saya hanya ingin masuk ke jurusan di bidang komputer. Lalu sistem informasi adalah jurusan yang dapat saya masuki dari jurusan IPS di SMA dulu.
Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian sistem informasi (khususnya dalam bentuk software). Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pihak yang dimaksud. Contoh sistem informasi adalah database, website, dll. Di jurusan SI, kita mempelajari bagaimana membuat sistem yang menyampaikan informasi-informasi kepada pihak yang dimaksud, termasuk evaluasi ekonomi dari sistem yang dimaksud.
Sistem informasi dapat digunakan untuk kemudahan memperoleh data yang ada dengan cara diurutkan (misal: database), promosi kepada masyarakat umum (misal: website), dan pengolahan data (misal: software untuk akuntansi). Maka, Sistem Informasi adalah jurusan yang dapat mendukung dan bekerja sama dengan Humas, Akuntansi, Teknik Informatika, Administrasi, dan ilmu-ilmu lainnya.

Perbedaan SI dan Teknik Informatika adalah SI lebih mengarah kepada penerapan programming untuk membuat sistem informasi. SI dan Teknik Informatika sama-sama mempelajari software, perbedaannya adalah Teknik Informatika mempelajari software secara lebih mendalam lagi sedangkan SI mempelajari software untuk sarana membuat sistem informasi.


Lapangan kerja yang bisa didapat oleh mahasiswa lulusan sistem informasi adalah sebagai sistem analis. Sistem analis adalah tingkatan yang lebih tinggi daripada programmer. Sistem analis ini bertugas untuk membuat sistem informasi dari perusahaan atau institusi tertentu. Seteah mengikuti kuliah kurang lebih selama 3 tahun, saya semakin yakin bahwa jurusan siste informasi ini adalah jurusan yang terus berkembang dan menjamin jika kita memang pandai dibidang tersebut. Jika kita adalah fresh graduate gaji yang diberikan jika kita menjadi staf it sekitar 5 juta. Ini sungguh gaji yang menggiurkan bagi mahasiswa yang berpredikat fresh graduate.

Mengingat hampir semua bidang pekerjaan memerlukan sistem Informasi, maka kesempatan kamu untuk diterima perusahaan juga tinggi. Dengan berbekalkan ilmu dan soft skill yang telah kamu pelajari, kamu sangat layak untuk mengisi posisi penting dalam dunia yang berkaitan dengan sistem informasi. Beragam perusahaan nasional hingga internasional yang bergerak di bidang perbankan, pendidikan, telekomunikasi, industri perangkat lunak, jasa konsultan, teknologi informasi, dan masih banyak lagi. Posisi yang bisa ditempati misalnya, IT consultant, system analyst, IT manager, web developer, system integrator, database administrator, researcher. Kalau kamu juga ingin melanjutkan kuliah hingga ke jenjang S2 dan S3 lalu menjadi dosen pun masih banyak peluang