Pages

Monday, January 11, 2016

Tugas 4 : Perkembangan Software di Indonesia

Di jaman modern ini, dunia IT semakin berkembang secara merata di semua bidang. Sejalan dengan berkembangnya dunia IT, software dan hardware juga mendukung berkembangnya dunia IT di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya di dunia saja software berkembang, tetapi di Indonesia software juga berkembang pesat. Banyak anak bangsa yang membuat software-software yang dapat bersaing dengan software buatan luar negeri. Ini membuktikan bangsa Indonesia ikut turut andil dalam perkembangan software di dunia.

Indonesia adalah salah satu Negara yang ingin berkembang ke arah era digital. Banyak anak bangsa yang sudah menciptakan software-software unggulan, seperti kita kenal antivirus smadav adalah salah satu yang terbaik dari Indonesia dan dapat dibanggakan. Bahkan software berbasis android, yang di miliki di ponsel pintar, sudah banyak bertebaran aplikasi dan games buatan Indonesia, yang bisa kita lihat dari urutan top download di play store berhasil masuk ke jajaran papan atas. Bangsa Indonesia sekarang ini sudah bukan bangsa yang hanya menjadi pemakai software asing, bahkan dapat menciptakan software dan bisa dipakai di luar negri juga. Di tahun-tahun kedepannya biar, semakin banyak anak muda Indonesia yang tetap melahirkan software berkualitas yang dapat bersaing di pasar global.
Masalah perkembangan software di Indonesia juga ada sisi negatifnya, seperti sudah di ketahui khalayak ramai di Indonesia juga banyak mengalami pembajakan software. Menurut penelitian Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) bersama dengan Makara Mas Universitas Indonesia, software menduduki peringkat pertama (33.50 persen) sebagai produk yang paling sering dibajak. Sebenarnya kasus pembajakan seperti ini sudah banyak sekali terjadi di Indonesia ini, bukan hanya kasus pembajakan software, bahkan di bidang lain pun ada pembajakan. Dari segi pemerintah, pembajakan juga mengurangi pendapatan dari pajak tidak langsung. Walau kelihatannya dari segi konsumen mengalami keuntungan dari segi harga yang lebih murah, tapi sebenarnya itu juga dapat merugikan konsumen dan ada hal negative yang menunggu seperti ancaman serangan dunia maya seperti botnet, Trojan, dan malware. Masalah pembajakan ini juga memang harus segera di akhiri baik dari segi pemerintah, pembajak, pedagang, maupun konsumen untuk lebih memilih software asli.

Daftar Pustaka :

republika.co.id/berita/trendtek/internet/15/03/01/nkitub-emsoftware-emdi-indonesia-paling-banyak-dibajak