Pages

Monday, January 11, 2016

Tugas 6 : Analisa pemrograman

Bahasa pemrograman awalnya dibuat untuk membantu para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya. Banyak bahasa pemrograman yang sudah diciptakan. Bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer dan manusia. Bahasa pemrograman diciptakan untuk menjembatani antara bahasa yang dimengerti oleh manusia dan komputer. Sekarang ini sudah banyak sekali bahasa pemrograman yang berkembang di dunia, dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Banyak bahasa yang sudah diciptakan dan dikembangkan di dunia ini, salah satunya adalah java. Bahasa java ini dibuat oleh James Gosling. James Gosling pernah berkata, “always program for the same virtual machine.” Bahasa java ini merupakan bahasa pemrograman berorientasikan objek yang digemari berbagai programmer untuk membuat suatu program. Pemrograman berorientasikan objek merupakan sistem yang dibangun dengan membuat objek-objek dan menginterasikannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Didalam pemrograman berorientasi objek ini juga mengandung statemen input-proses-output, seperti yang muncul di dalam pemrograman yang lain.
Perintah input-proses-output merupakan tiga bagian utama pada program yang tidak dapat dipisahkan. Selalu ada input di dalam sebuah program, dan jika ada input harus ada output yang dikeluarkan, untuk membuat output itu dapat keluar seperti yang kita inginkan ada proses yang mengolah inputan tersebut. Input-proses-output ini adalah bagian kerjasama antara programmer dan komputer. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan oleh programmer. Maka dari itu, programmer harus menempatkan logika program dengan benar, dan tahu tahap-tahapan yang diperlukan untuk mencapai hasil output yang diinginkan.

Daftar pustaka :
H.S., Suryadi. dan Sumin,Agus. 1997. Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Depok : Penerbit Gunadarma