Pages

Monday, January 11, 2016

Tugas 5 : Pasar Komputer di Indonesia

Menurut William M.Fuori, komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Komputer awalnya diciptakan sebagai alat menghitung seperti kalkulator. Semakin berkembangnya jaman, komputer sudah dapat memproses data, merekayasa data, bahkan jaman sekarang sudah banyak hasil-hasil alat sebagai perkembangan dari komputer. Alat yang mendukung komputer awalnya sangat sederhana, hanya sebagai pendukung pemrosesan perhitungan. Dewasa ini sudah banyak alat-alat yang mendukung berbagai bidang, seperti alat penggambar digital, joystick, alat-alat multimedia dan sebagainya. Seperti diketahui walaupun alat penunjang berkembang, tidak serta merta memastikan bahwa pasar komputer selalu diatas angin.

Seperti di dunia sekarang ini, pertumbuhan penjualan komputer jenis PC semakin menurun. Banyak konsumen yang lebih memilih memakai yang lebih praktis, seperti laptop bahkan smartphone yang di era modern ini sudah banyak yang dapat mengerjakan pekerjaan yang dapat di kerjakan oleh komputer. Dari segi efisiensi, memang PC ini tidak efisien, ukurannya yang relatif lebih besar, daya listrik yang dipakai juga lebih besar, dan PC ini juga tidak bisa untuk di bawa kemana-mana. Jaman sekarang, manusia sangat membutuhkan alat yang dapat mobile dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.
Penurunan penjualan PC di dunia tidak menjadi soal, karena menurut Victor Herlianto, Consumer Business Lead AMD Indonesia, “market size semakin bertambah, penjualan kami juga terus tumbuh. Di tahun 2013, kami sudah memiliki tiga line up utama. Kami yakin pasar PC di Indonesia masih sangat besar.” Keoptimisan victor ini berdasarkan pada data bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang membutuhkan komputer dan belum pernah membeli komputer. Keoptimisan Victor ini memang berbanding terbalik dengan statistik yang ditunjukkan oleh International Data Corporation (IDC), penjualan komputer di Indonesia mengalami penurunan yang mencapai 6,3% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi penurunan sebesar 3,6%. Meski penjualan komputer menurun, para vendor tetap meningkatkan jajaran produk konsumen mereka. Menurut data IDC, Acer masih memimpin pasar komputer di Indonesia, diikuti oleh Asus dan Toshiba.

Daftar pustaka :
news..viva.co.id/news/read/398519-di-indonesia-pasar-komputer-pc-masih-seksi
tekno.kompas.com/read/2012/01/11/1752100/penjualan.komputer.di.indonesia.lesu