Pages

Tuesday, November 25, 2014

Gitaris Terbaik Dunia

Gitar adalah salah satu alat musik modern yang banyak sekali peminatnya. Dan banyak sekali gitaris dunia yang cukup hebat dalam memainkan alat musik ini.
Berikut ini saya akan memberikan 5 gitaris terbaik dunia versi saya,

1.Jimi Hendrix
Johnny Allen Hendricks atau Jimi Hendrix lahir di King Country Hospital, Seattle, Washington pada 27 November 1942, Ia putra sulung pasangan Alex Hend
ricks yang Afro-Amerika Meksiko dan Lucille, seorang Indian Cherokee. Jimi mulai berkarir di musik tahun 1960, saat ia menjadi anggota sebuah band bernama Rocking Kings dan mulai sering manggung di tempat konser seputar Seattle. Walaupun sudah mulai menarik perhatian para pencinta musik, ia tampaknya belum bisa menunjukkan totalitasnya karena setahun kemudian ia malah kena wajib militer dan bergabung dengan angkatan darat di Fort Ord, California. Kemudian ia ditempatkan di 101st Airborne Paratroopers di Fort Campbell, Kentucky sebagai pasukan penerjun. Saat inilah ia bertemu dengan Billy Cox, seorang pemain bass berkulit hitam yang cukup disegani di kalangan musisi blues pada saat itu. Mereka sempat bermain di dalam band angkatan. Ketenaran Jimi mulai pada saat membuat band, Jimi Hendrix Experience bersama Mitch Michell dan Noel Redding.

2.Steve Vai
Steve Vai lahir di Carle Place, New York, 6 Juni 1960. Dia adalah seorang gitaris, penulis lagu, penyanyi dan produser yang berasal dari Amerika Serikat. Permainannya mulai dari blues, jazz, rock sampai klasik dan ethnic music. Permainan gitarnya pun tidak terbatas pada komunitas gitar saja tetapi juga bagi orang-orang awam yang tidak mendalami gitar. Pada umur 6 tahun, Steve mulai belajar piano. Pada umur 10 tahun, Steve mulai belajar bermain akordeon. Pada umur 13 tahun barulah Steve mulai mendalami gitar dan sejak saat itu lahirlah seorang dewa gitar yang baru. Steve Vai mengawali karirnya dengan album debutnya Flex-Able Leftovers pada tahun 1984. Pada tahun 1990, Steve merilis album keduanya yang berjudul Passion and Warfare. Album ini mendapat pengakuan internasional dan Steve memenangkan polling pembaca majalah Guitar Player dalam 4 kategori yang berbeda. Album Steve yang ketiga berjudul Sex & Religion dirilis tahun 1993 dan album keempatnya Alien Love Secrets dirilis tahun 1995. Pada tahun 1996 album kelima Steve, Fire Garden dirilis. Tahun 1999, Steve meluncurkan album keenamnya yang berjudul Ultra Zone. Dalam album ini Steve lebih banyak memfokuskan dirinya dalam komposisi lagu dan bereksperimen dengan gitarnya. Tahun 2001 album The Seventh Song dirilis dan album ini berisi lagu-lagu slow/ballad yang pernah dirilis Steve dengan ditambah beberapa lagu baru. Dan di tahun 2001 Alive in an Ultra World pun dirilis. Steve Vai juga pernah memproduksi 2 album Natal yang berjudul Merry Axemas Vol.1 dan Merry Axemas Vol.2, juga konser G3 bersama Joe Satriani dan Eric Johnson/Kenny Wayne Shepherd dan terakhir John Petrucci turut juga bergabung dalam G3. Belakangan ini Steve Vai lebih memfokuskan diri bereksperimen pada permainan gitarnya dan sekarang ini band Steve Vai ditambah seorang pemain bass yang sudah tidak asing lagi buat fans-fans rock tahun 80-an, Billy Sheehan.

3.John Petrucci
Dia merupakan gitaris Amerika yang dikenal sebagai anggota pembentuk grup progresif metal Dream Theater. Dia juga seorang produser (bersama teman satu bandnya Mike Portnoy) dari semua albumDream Theater sejak rilis album Scenes From A Memory, pada tahun 1999. Petrucci banyak terpengaruh Oleh permainan gitar dari gitaris semacam yngwie malmsteen, randy rhoads, iron maiden, steve ray Vaughn, dan grup besar Semacam yes, rush, Dixie dregs dan lain lain dia mulai bertekad untuk mencapai level permainan seperti mereka. Sebagaimana kemunculan musik trash metal yang membuat John tertarik, maka John juga memperluas influence nya dengan Mendengarkan Metallica & Queensryche. John merasa membutuhkan tantangan yang lebih dalam tehnik guitar oleh karena itu Dia banyak mengadaptasi hammering speed & melodic style dari gitaris-gitaris seperti Steves (Steve Morse & Steve Vai), The Als (Allan Holdsworth & Al Dimeola) Mike Stern, Joe Satriani, Neal Schon & Eddie Van Halen.

Pendidikan musiknya dimulai dengan berbagai kelas teori musik yang dia ambil ketika high school. Dia belajar secara otodidak, tetapi Dia sempat menerima beberapa pelajaran gitar yang dia ambil ketika dia masuk ke Berklee College of Music di Boston, dimana dia Mempelajari komposisi jazz dan harmoni. Ketika di Berklee John Petrucci dan John Myung yang juga belajar di berklee bertemu dengan Mike Portnoy, dan mereka mulai membuat band yang diberi nama Majesty yang nantinya kemudian berganti nama menjadi Dream Theater. John sudah merekam 7 album dengan Dream Theater, dan dia juga banyak terlibat dengan beberapa proyek sampingan seperti Liquid Tension Experiment Dengan Tony Levin, Age of Impact, dan bahkan game Sega Saturn yang disebut Necronomicon, dan juga terakhir dia terlibat dalam proyek G3 Bersama Joe Satriani dan Steve Vai. Kecintaan dia pada menulis lirik dikombinasikan dengan gaya komposisi yang unik dari progressive fusion Mengasah bentuk musik dari Dream Theater.

John tinggal bersama istrinya Rena, dan 3 anaknya SamiJO, Reny, dan Kiara di New York. Ketika dia tidak bermain gitar dia banyak menghabiskan Waktunya dengan istri dan anak-anaknya dengan bermain skating, bersepeda, berolahraga dan menontong film.
John sedang merencanakan membuat solo albumnya yang pertama. Lagu-lagu barunya yang dia mainkan ketika bersama G3 juga akan ada di solo album tersebut. Jaws of Life (sebelumnya I.B.S.), Damage Control and Glasgow Kiss. Dia melibatkan beberapa musisi seperti Dave LaRue tukang betot senar bass, Dave DiCenso dan Tony Verderosa yang ngegebug drum.

4.Yngwie Malmsteen

Yngwie Malmsteen lahir di Stockholm, Swedia, pada tanggal 30 Juni 1963. Ibunya bernama: Rigmor, adik Ann Louise, dan saudara Bjorn, Yngwie awalnya tidak memiliki ketertarikan pada musik. Namun, pada tanggal 18 September 1970, Yngwie melihat sebuah acara spesial pada kematian ikonoklas gitar Jimi Hendrix. Yngwie yang pada saat itu berusia 7 tahun menyaksikan dengan kagum. Hari Jimi Hendrix meninggal, Yngwie sang gitaris pun lahir sebagai generasi baru .
Menerapkan rasa ingin tahunya dan keuletan untuk pertama Mosrite tua dan kemudian yang murah Stratocaster, Yngwie menenggelamkan diri dalam musik band-band seperti Deep Purple dan menghabiskan berjam-jam berlatih untuk belajar lagu-lagu mereka. Kekagumannya terhadap Ritchie Blackmore yang klasik, dipengaruhi bermain membawanya kembali ke sumber: Bach, Vivaldi, Beethoven, dan Mozart. Yngwie menyerap struktur klasik, dengan gaya luar biasa mulai kehebatannya mulai terbentuk. Pada usia 10, ia mulai memusatkan seluruh energinya ke dalam musik. Ibu dan adiknya, seorang pemain suling yang berbakat, dan memberinya dukungan dan dorongan. Penguasaan instrumen berkembang dengan cepat. Saat  remaja, Yngwie melihat kinerja televisi violinis Gideon Kremer Rusia, yang melakukan sangat sulit 24 Caprices abad ke-19 pemain biola virtuoso Niccolo Paganini. Efeknya mendalam, dan akhirnya Yngwie mengerti bagaimana untuk menggabungkan kecintaannya pada musik klasik dengan mengembangkan skill gitar dan karisma di atas panggung.
Pada usia 15, gaya merek dagang Yngwie telah mulai muncul. Dia bekerja selama beberapa waktu sebagai luthier di bengkel gitar, di mana dia menemukan sebuah neckuntuk pertama kalinya, ketika sebuah kecapi abad ke-17 datang ke toko. Penasaran, Yngwie ganti neck  gitar tua dengan cara yang sama dan cukup terkesan dengan hasil percobaannya pada gitar yang lebih baik.  papan fret bergigi  agak lebih sulit  untuk memainkannya  daripada leher normal, tapi kontrol pada  senar  Yngwie segera diperbaiki yang diadopsi sebagai perubahan permanen ke peralatan.
Saat ini, Yngwie mulai bermain di beberapa band yang dibangun di sekitar ledakan gaya gitar, mengeksplorasi instrumental yang panjang. Sekitar usia 18, Yngwie dan beberapa teman merekam demo set tiga lagu untuk CBS Swedia, tetapi ia terluka  karena tidak pernah dirilis. Frustrasi, Yngwie mulai mengirimkan demo rekaman ke perusahaan rekaman musik di luar negeri. Salah satu demo jatuh ke tangan Guitar Player kontributor dan Shrapnel Musik. Yngwie diundang untuk rekaman dengan band baru Steeler - dan sisanya, seperti kata mereka, adalah sejarah.
Dari Steeler, Yngwie pindah ke Alcatrazz, sebuah band Rainbow, tapi itu jelas bahwa sepenuhnya untuk mengembangkan bakat, Yngwie mencoba bersolo. Album solo pertama Yngwie, Rising Force (kini dianggap Alkitab neoklasik rock) berhasil mencapai # 60 di Billboard chart, prestasi mengesankan untuk album gitar instrumental dengan sebagian besar tanpa diputar komersial. Album ini juga memberikan Yngwie nominasi Grammy award untuk instrumental rock terbaik. Dia terpilih sebagai Best New Talent dalam jajak pendapat beberapa pembaca, Gitaris Rock Terbaik tahun, dan Rising Force menjadi Album of the Year. Yngwie ditetapkan sebagai salah satu bintang gitar rock baru paling bersinar  dan menambahkan sebuah genre baru ke musik leksikon: neoklasik rock.
komposisi neo-klasik Yngwie memicu telinga penggemar dan ambisi calon gitaris di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade seperti pembangkit tenaga listrik ,album klasik Trilogy , Odyssey , Live in Leningrad .Video konser tahun 1989 terjual habis. konser Yngwie di Moskow dan Leningrad), Fire & Ice (yang memulai debutnya di Jepang pada # 1 dan terjual lebih dari 100.000 eksemplar pada hari peluncurannya), The Seventh Sign , Magnum Opus ,Inspirasi (meliputi musik Deep Purple, Rainbow, Inggris, Kansas, Scorpions, Rush, dan Jimi Hendrix), Menghadapi Animal , Alchemy , dan Attack!!
Pada tahun 1997, Yngwie membuktikan bahwa dia lebih dari sebuah batu fenomena. Setelah bekerja intensif, Yngwie menghasilkan karya benar-benar klasik pertama, Concerto Suite untuk Electric Guitar dan Orchestra di Eb minor, Op. 1 . Album terobosan ini tercatat di Praha - Ceko bergengsi Philharmonic Orchestra dan konduktor simfoni terkenal Yoel Lewi. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 2001, Yngwie menemukan kesempatan pertama untuk melakukan kritis diakui Concerto Suite dengan Jepang Baru Philharmonic Orchestra di Tokyo. DVD / CD / VHS paket kinerja terobosan ini menjadi rilis pertama Yngwie tahun pada Januari 2002.
Pada tahun 2003, Yngwie bergabung dengan gitaristerkenal lainya. "G3" Tour dalam lineup banyak penggemar gitar melihat sebagai kombinasi impian (Satriani, Vai, Malmsteen). CD dan DVD tur menjadi klasik instan dan jadi hot sallers sepanjang tahun. Setelah tur G3 berakhir, Yngwie turun ke jalan lagi dalam mendukung serbuan album nya.

5.Joe Satriani

Joe Satriani dikenal sebagai seorang gitaris solo yang sudah menelurkan banyak album sejak era 80an, dan beberapa album solo yang menurut kami paling dikenal adalah Surfing with the Alien (1987), Flying in a Blue Dream (1989), Crystal Planet (1998), dan masih banyak lainnya. Selain itu Dewa gitar yang lebih sering berpenampilan dengan kepala pelontos ini juga sangat dikenal dengan membuat suatu gebrakan dengan tour G3 yang menampilkan dirinya bersama dua gitaris dunia lainnya seperti Steve Vai, John Petrucci(Dream Theater), Paul Gilbert, Steve Morse, Yngwie Malmsteen dan juga beberapa dewa gitar dunia lainnya yang pernah bermain dalan project G3 ini.

Ciri khas lainnya selain dari permainan teknik gitar dan penampilannya adalah dari gitar yang sering beliau gunakan. Gitar tersebut merupakan buatan dari Ibanez yang memiliki seri JS dengan bentuk yang sangat keren dan khas, terlebih lagi untuk gitar Ibanez JS dengan bodi berwarna Chrome silver, dan juga gitar yang memiliki corak mirip batik.

Joe Satriani terlahir sejak 57 tahun yang lalu yaitu pada tahun 1956 tanggal 15 Juli di Westbury, New York, Amerika Serikat, sehingga jika kita lihat dari usianya yang sudah mencapai 57 tahun(terhitung pada tahun 2013) bisa dibilang tidak muda lagi, namun beliau tetap memiliki permainan gitar yang mengangumkan dari masa kemasa. Selain itu menariknya lagi secara penampilan seperti kita lihat di live-live videonya beliau juga terlihat tidak tua alias masih awet muda.

Jika melihat sedikit dari sejarahnya Konon kabarnya Joe Satriani sudah mulai kariernya dalam memainkan gitar sejak umur 12 tahun sebagai instruktur gitar. Hingga kemudian beliau mulai terkenal sejak mengunggah lagunya di Internet dan memiliki tanggapan yang baik karena banyak yang menyukai dari hasil karya beliau.