Pages

Friday, November 28, 2014

Resume Kelompok 5

Perkembangan dan Perubahan Organisasi

Di dalam suatu komunitas, ada yang disebut dengan organisasi. Tujuan dibuatnya organisasi adalah supaya komunitas tersebut mempunyai tujuan dan dapat membawa dampak positif pada masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan perubahan secara berkala, yang mengacu kepada perubahan dan perkembangan organisasi.

Seiring berjalannya waktu, perubahan dan perkembangan zaman dari masa ke masa mengalami kemajuan yang cukup pesat . Tidak dipungkiri jika berbagai perubahan besar sering terjadi. Setiap organisasi ingin berubah dan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi. Namun pada kenyataannya, tidak dapat dipungkuri bahwa ada beberapa organisasi yang pada saat mereka sudah berkembang, mereka melenceng dari apa yang mereka rencanakan pada awal pembentukan organisasi tersebut tersebut.

Tujuan dari perubahan dan pengembangan organisasi ini adalah untuk meningkatkan suatu kehendak yang kita inginkan untuk mencapai sebuah tujuan yang jelas. Antara lain :
1.Untuk mempererat organisasi satu dengan organisasi yang lainnya.
2.Untuk meningkatkan mutu dari organisasi tersebut/organisasi yang telah dibuat.
3.Untuk meningkatkan peranan organisasi di masyarakat luas.
4.Untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat.
5.Untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan organisasi yang telah dibuat.

Faktor – faktor penyebab perubahan organisasi terdiri dari dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern.  Faktor Intern adalah segala keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi.  Faktor Ekstern adalah segala  keseluruhan  faktor  yang  ada  di  luar  organisasi  yang  dapat mempengaruhi organisasi  dan  kegiatan  organisasi.