Pages

Friday, November 28, 2014

Resume Kelompok 4

Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi adalah pernyataan manusia yang bersifat umum dan aktual yang bertugas menyelidiki secara ilmiah pengaruh pernyataan itu dari mulanya ditimbulkan orang sampai tersiar dalam pers,radio, televisi, dan sebagainya serta akibatnya terhadap si penerima pernyataan-pernyataan tersebut. Dan didalam komunikasi dalam organisasi terdapat struktur komunikasi dalam organisasi. Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran. 

Pada umumnya, komunikasi yang terjadi dalam sebuah organisasi membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal dan horisontal.

Komunikasi yang berjalan baik, akan mendukung proses kemajuan didalam organisasi tersebut. Komunikasi dapat diterapkan dengan baik dalam suatu organisasi apabila pemimpin suatu organisasi bisa dan mau mendengar saran, insfirasi dan pendapat dari anggota kelompok, saling tukar informasi sebih banyak lebih baik serta tepat waktu, kepercayaan bawahan terhadap atasan sebagai seorang pemimpin maupun seorang pribadi, bawahan maupun anggota membutuhkan kepastian peraturan –peraturan tentang pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan, seorang pemimpin tidak harus memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya terhadap bawahannya, serta setiap organisasi harus menyediakan saluran komunikasi

Namun sebaliknya, apabila komunikasi berjalan buruk, maka dapat menghambat proses kemajuan maupun kinerja organisasi tersebut.