Pages

Friday, November 28, 2014

Resume Kelompok 3

Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

Pengambilan keputusan sangat penting di dalam suatu organisasi. Karena keputusan keputusann ini yang akan membawa arah organisasi tersebut. Namun pada saat proses untuk menentukan sebuah keputusan tersebut, pasti ada hal yang mempengaruhinya, diantaranya : kekuatan fisik, penggunaan sanksi, keahlian, dan kharisma (daya tarik). 

Pengambilan keputusan juga harus didasari oleh prosedur dan teknik yang tepat dan didukung oleh informasi yang akurat, benar dan tepat waktu. Saat akan  mengambil keputusan,suatu organisasi memerlukan sebuah proses musyawarah, karena musyawarah merupakan salah satu proses yang sangat berpengaruh dalam sebuah hasil pengambilan keputusan tersebut.

Ada beberapa faktor dalam pengambilan keputusan, diantaranya

-Adanya pengaruh tekanan dari luar. Terkadang pihak-pihak luar mempengaruhi dalam pengambilan suatu keputusan, ,mereka menginginkan keputusan itu berjalan sesuai dengan kepentingan mereka.

- Adanya pengaruh kebiasaan lama atau sifat-sifat pribadi. Sifat pribadi juga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan, keputusan yang diambil besar kemungkinan merupakan suatu keputusan yang disesuaikan dengan karakternya.

- Pengaruh dari kelompok lain. Kelompok lain yang sudah mempunyai keputusan yang baik, bisa menjadi contoh untuk kita mengambil keputusan selanjutnya.

- Faktor pengalaman.  Pengalaman adalah guru yang paling baik. Semakin banyk  pengalaman kita, semakin baik pula pertimbangan yang dilakukan sebelum mengambil keputusan.

Pengambilan keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh pimpinan organisasi yang bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang baik itu sangat dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti masalah, penyelesaian masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil.

Selain informasi, dalam penyelesaian masalah pun dibutuhkan perumusan masalah dengan baik. Kemudian dibuatkan alternatif-alternatif keputusan masalah yang disertai dengan konsekuensi positif dan negatif. Jika semua hal itu dapat dikemukakan dan dicari secara tepat, masalah tersebut akan lebih mudah untuk diselesaikan.