Pages

Friday, November 28, 2014

Resume Kelompok 6

Arti Penting Kepemimpinan Dalam Berorganisasi

Kepemimpinan merupakan lokomotif organisasi yang selalu menarik dibicarakan. Daya tarik ini didasarkan pada latar historis yang menunjukkan arti penting keberadaan seorang pemimpin dalam setiap kegiatan kelompok dan kenyataan bahwa kepemimpinan merupakan sentrum dalam pola interaksi antar komponen organisasi .

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan sangatlah penting dalam suatu organisasi. Rahasia utama kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaanya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain.

Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi individu / sekelompok orang untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pemimpin itu sendiri harus memiliki bakat, sikap, pengetahuan, keterampilan, yang dapat membawa organisasinya berkembang atau bahkan lebih maju lagi.

Pemimpin juga harus bisa menjadi sandaran bagi para pengikutnya saat mereka merasa lelah, cemas, frustasi dan kehilangan motivasi. Karena itu, sosok seorang pemimpin sangatlah penting keberadaannya dalam sebuah organisasi karena tanpa seorang pemimpin, organisasi tersebut tidak dapat berkembang dan tidak dapat mencapai tujuan yang diinginkan organisasi tersebut.

Rahasia utama kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaanya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain.

Pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).